Selasa, 28 Juni 2016

MEMULAI



Malam guys..
Selamat datang di blog Gue.

Berhubung ini arikel pertama gue, so’ baiknya kita kenalan dulu kali yah. Gue Abdullah Shofi, biasa dipanggil shofi. Tapi pliiis jangan bully nama gue yang kaya cewe.. itu tetep pemberian emak gue guys.. :D

Gue asal pinggiran cibadak yang kemungkinan besar lu ga tau dimana itu letaknya. Yang jelas itu masih bagian dari daerah kekuasaan pa jokowi.. :D :D

Yap, temanya pas banget “memulai”,
Ini kata yang spesial bagi gue, meskipun gue masih belum jadi apa-apa di usia yang hampir seperempat abad ini, tapi seenggaknya gue ga jalan di tempat. Memulai disini bukan cuma tentang satu hal aja yahh, tapi buat hal-hal lainnya yang ada dalam hidup kita sob. Termasuk memulai bisnis, memulai usaha, cara memulai bisnis online, dsb. Intinya memulai lah sob alias bergerak lakuin sesuatu yang positif tentunya, karena apapun yang akan kita kerjakan gak bakalan terjadi kalo cuma direncanakan aja, tanpa adanya take action.

Bermula sejak sekitar 2 tahun yang lalu, gue sama sohib gue, yang kita sebut saja Kiki. Seperti biasa berdialog malam hari. Ngobrol ngalor ngidul, yang akhirnya nemu klimaks dari obrolan malam itu, sekitar pukul 2 malam lebih.  pas gue bilang gue harus jadi orang sukses. Dan lu tau tanggepan kiki?? “gila lu ndoro, males-malesan gini pengen sukses”. Gue serasa ditampar sama sohib gue sendiri . Yaa harus  gue akui gue emang males sejak gue gagal ikut beasiswa kuliah di Al-Azhar Kairo Mesir yang di adain di pesantren gue. Down berat.  Dia pernah nyaranin gue buat  kuliah dan lupain mesir tapi ga pernah gue respon. Gue respond sih tapi selalu dijawab “entar”. Lalu dia bilang, “hidup itu memulai bukan menunggu”.  Jiiiiirr kena bangeet ke hati gue..

Sejak saat itu gue selalu memulai, ga pernah mengesokkan apa  yang harus gue kerjain hari ini. Gue memulai ngumpulin duit buat kuliah. 2000 sehari dan baru bisa daftar kuliah setahun kemudian di 2015 tahun kemaren. Pokonya “memulai jangan menunggu” gue pake disemua hal.  pernah kejadian lucu, tempat kerja gue ga jauh dari rumah. Menuju kesana harus lewat gang-gang yang ga bisa di bilang kecil tapi ga bisa juga dibilang besar. Setiap gue lewat, pasti ada kakek nenek yang lagi duduk di depan teras rumahnya. Terasnya deket banget kejalan yang gue lewatin. Dan otomatis kakek nenek itu ngeliat gue kalo lewat. Gue selalu bilang punteun (permisi dalam bahasa sunda). ga dijawab, yang ada malah mereka ngeluarin muka sinis ngeliat gue. Tapi berhubung gue sekarang udah punya prinsip memulai, perlakuan yang didapet seperti itupun gue tetep memulai. Setiap hari memulai buat nyapa mereka dengan hiasan senyum yang gue kasih buat mereka. Dan alhamdulillah belum ada hasil juga.

Gue ga nyerah, meskipun motifnya udah bukan buat naklukin kakek nenek itu lagi. Karena yang gue lakuin udah bener-bener ke esensi memulai itu sendiri. 10 bulan gue tetep lakuin itu yang akhirnya hari itu, sekitar 15 meter lagi gue lewat depan mereka, mereka udah liatin gue dari kejauhan. Seolah nunggu gue banget. sebelum gue kasih senyum kemereka dan bilang punteun, mereka yang ngasih senyum ke gue duluan. Sontak hati gue bersorak saat itu. Sekarang setiap gue lewat pasti mereka ngasih senyum duluan ke gue. Ternyata feed back dari kebaikan itu selalu ada meskipun ga cepet.

Ya dengan kejadian itu gue semakin mantep buat selalu memulai. Memulai memberi pengertian ke rekan kerja dan alhamdulillah mereka juga jadi ngerti ke gue. Memulai untuk menyapa, memulai suka membaca, memulai untuk meminta maaf meskipun terkadang bukan gue yang salah.

Memulai membuka usaha kecil-kecilan. Banyak hal yang bisa kita mulai. Contoh kecilnya “ini terakhir gue bolong sholat ,mulai besok gue ga bakal ninggalin lagi sholat” “Mulai besok mau rajin belajar” kenapa ga dimulai hari Ini bung??
Betul kata Mario Teguh “niat baik yang direncanakan hari esok itu bohong”

“HIDUP ITU MEMULAI BUKAN MENUNGGU” kalo ga hari ini lalu  kapan?? Besok?? “BOHONG”

Mungkin sekian dulu untuk artikel pertamanya. Thnx udah mampir. Salam sukses..