Kamis, 30 Juni 2016

Pentingnya Positive Thinking

cara positive thinking
Selamat siang…

Tumben banget gue bisa nulis di siang bolong gini, sambil nunggu kerja yang kebetulan hari ini jadwalnya shift 2. :D

Di 2 artikel sebelumnya “Memulai” dan “Berani Bermipi” masih sangat berantakan dari segi penulisan dan tata bahasa. Karena yaa begini gue masih sangat pemula untuk jadi seorang penulis. :D

Tapi yaaa gue selalu punya prinsip selalu ada jalan untuk orang-orang yang berusaha (tentang ini nanti gue bahas secara khusus kapan-kapan. :D) dan alhamdulilllah-nya gue selalu berfikir positif memandang sesuatu. Jadi gue yakin gue bisa jadi penulis yang baik.

Jadi inget omongan abah Endin, beliau salah seorang guru yang ada di pesantren dulu. Beliau pernah bilang “Allah itu sesuai yang kita pikirkan, kalo menurut kita Allah itu baik, pasti baik”

Ya sejak saat itu gue bener-bener memandang hidup dengan positif, karena jujur berfikir positif sangat memudahkan hidup.  Saat kita berfikir positif insya Allah alam juga akan positif terhadap kita.

Mungkin berfikir positif inilah yang ngebuat gue selalu memasang tinggi sebuah impian padahal kondisi hidup serba pas-pasan.

Pernah kejadian beberapa bulan kebelakang, pas banget satu hari sebelumnya  gue baca buku Zig Ziglar, pengusaha asal Amerika yang judulnya “Prestasi Puncak”. Dia bilang kurang lebih gini “Berfikir positiflah saat orang-orang yang selalu berfikir positif-pun sulit melakukannya”.  Besoknya kejadian, bisa dibilang musibah kali yah. Jadi gue punya projekan yang dibangun dari 2015 kemarin, rencana 2017 itu gue mu bikin brand sendiri baju distro bareng Kiki. Dan nama buat brand-nya itu sendiri udah ada yang masih dirahasiain ke publik soalnya takut dicontek. Nge-konsep setaun, desain udah banyak banget yang gue bikin bareng kiki hamper tiap hari. Dan di suatu malam gue maenin instagram. Nyari-nyari ide sambil nunggu waktu gue buat memeluk hening, gue cari di pencarian iseng-iseng nama brand gue itu. dan ternyataaaaa, ouhh brand itu udah ada dipake sama orang tanggerang.

Gila. Mungkin kalian ga bisa rasain perasaan gue malem itu. Tapi bener-bener campur aduk banget. Kecewa, sangat kecewa. Hal yang dicita-citakan dan udah sayang banget sama nama brand itu ternyata udah ada yang pake. Gue langsung cerita sama Kiki via BBM (Black Berry Messanger) tentang itu. Kiki ngasih emot ketawa. Gue yakin dia juga pasti kecewa.

Terus kita langsung ambil sikap, ganti nama secepatnya. Dan langsung gue inget kata-kata Zig Ziglar tadi, kita harus bisa berfikir positif saat orang yang berfikir positif-pun sulit berfikir positif.

Iya, hal ini bagi gue susah dilakuin buat orang-orang yang ga bisa berfikir positif (positive thinking). Malah mungkin kalo kondisinya kaya gini bisa jadi frustasi dan ninggalin cita-citanya itu. Tapi alhamdulillah sekarang udah punya nama brand baru dengan cita-cita yang dulu, tapi dengan harapan yang lebih besar.

Jadikanlah berfikir positif itu sebagai gaya hidup. Dalam hal apapun. Yakini sesuatu itu baik apapun yang terjadi. Yaa kita balik lagi ke cerita gagalnya ngambil beasiswa ke Kairo, gue tetep meyakini ko meskipun gue gagal tetep ada rencana Allah yang lebih baik dari itu. Hal yang terjadi atas diri kita itu aturan dari Tuhan. Saat kita berontak atas aturan Tuhan, berarti kita hamba yang gamau diatur.

Malah sebetulnya akhir 2014 itu gue gagal kuliah juga, karena bisnis gue saat itu gagal total. Yang tadinya modal yang dipake bisnis itu hasilnya buat biaya masuk daftar kuliah, malah abis sama sekali. Tapi Alhamdulillah tetap memandang positif, itu pasti ketentuan terbaik. Dan ternyata benar. Masuk 2015 keuangan malah semakin kritis. Dan dari situ bersyukur, coba kalo jadi kuliah pasti malah tambah keteter, buat bayar kuliah dari mana, apalagi udah terlanjur masuk kuliah kaya gitu.

Hal apapun positifilah,. Gagal nikah, putus sama pacar, di-PHK, belum dapet kerja, ditipu, gagal masuk sekolah favorit. Banyaklaah pokonya. Ada hal yang lebih baik dari itu semua saat semuanya di luar harapan kita.

Dan biasanya hal yang masih susah juga bagi kita itu memandang positif terhadap orang lain, biasanya kita mudah mengambil kesimpulan negatif. Apalagi terhadap orang-orang yang ga kita suka. Misalkan ke atasan yang datang terlambat, pasti kita langsung berfikir “kerja nyantei doang, gajih gede, rumah deket masih aja telat” kita terkadang sulit untuk berfikir buat menerka-nerka hal yang baiknya dulu. “mungkin ada urusan ngedadak” atau mungkin-mungkin lainya yang bersifat positif. Dan biasanya untuk orang-orang yang terlanjur kita ga suka itu, kebaikan  apapun akan tetap dipandang buruk. Apalagi kalo didasari dari sifat iri dan dengki. Rekan kerja yang kerjanya baik akan dianggap cari muka, tetangga yang beli mobil baru dianggap hasil korupsi.

Naah kalo dilihat lebih jauh, berfikir positif itu masih ada sangkut pautnya sama sugesti. Tapi berhubung udah jam 1 siang lebih dan bentar lagi masuk kerja. Mungkin artikel selanjutnya gue bahas tentang sugesti.

Yoweees.. pesan terakhirnya “YUK BERFIKIR POSITIF”. Biar alam juga ikut positif sama kita.

Thnx yaaahh udah mampiiiir…