Kamis, 07 Juli 2016

Yukk Mondok

ponpes pondok pesantren modern gontor
Pagi...
Masih suasana lebaran nii di rumah gue, masih ada beberapa tetangga yang dateng buat halal bi halal ke rumah.

Masih inget cerita akhir gue semalem di artikel selamat hari raya idul fitri 1347H? Yang gue disuruh bawa ponakan-ponakan gue buat jajan biar ga rese dan ga gangguin kaka ipar, teteh gue yang lagi ngobrol sama bokap.

Alhamdulillah, gue dapet kabar baik. Ternyata yang lagi diobrolin sama mereka itu tentang ponakan gue Siti Samratu Ramdhiani anak pertama dari teh (teh=teteh) iceu (kaka gue yang pertama, kami 7 bersaudara) katanya pengen mondok, pengen ngikutin jejak adenya yang lebih dulu mondok di salah-satu pondok pesantren yang ada di Jonggol, Bogor “Ar-Rissalah”.

Apalagi dia cewe kan, kekhawatiran gue plus-plus kayanya buat dia. Babeh rekomendasiin pondok pesantren As-Salam. Pondok pesantren modern yang ada di sukabumi.

Malem tadi gue banyak ngobrol sama si Aziz, kita sharing banyak tentang pesantren. Dan sistemnya beberapa hal sama kaya pesantren gue dulu. Kaya mesti bangun jam setengah 4, sholat tahajjud yang udah jadi kewajiban.

Entahlah, gue bener-bener seneng denger kabar ini. Apalagi katanya kemauan sendiri. Kita taulah gimana ngerinya pergaulan jaman sekarang, yang bisa dibilang Indonesia ini lagi krisis moral. Free seks, narkoba, tawuran.

Ya, menurut gue penting banget sih anak-anak sekarang digembleng di pesantren. Memang seorang muslim ga harus jadi ulama. Tapi belajar ilmu agama itu hukumnya wajib. Gagap teknologi memang sangat memalukan. Tapi percayalah, gagap ilmu agama sungguh sangat menghinakan di akhirat. Dan bagi gue pondok pesantren jadi tempat yang paling tepat belajar ilmu agama.

Pesantren jadi media untuk pembangunan karakter. Si aziz dulu bisa dibilang bandel banget, tapi tolong yah jangan artiin bandel di sini terlalu negatif. Bandelnya dia cuma resenya yang luar biasanya dan jailnya yang ga ketulungan. Tapi alhamdulillah dia baru mondok setahun, hasilnya mulai keliatan. Mulai kalem, ibadah yang wajib udah sangat terjaga, kata emaknya sering juga sholat sunnah, bahasa dan etika ke temen apalagi ke orang tua makin baik.

Gue juga dapet banyak hal selama di pondok, belajar tentang kedisiplinan. Emang bangun jam setengah 4 mudah? Engga gan. Gue butuh beberapa bulan buat adaptasi dengan sistem itu. Apa yang harus gue lakuin? Yap, betul. Managemen waktu. Gue harus udah tidur maksimal jam 10.

Gue juga belajar tentang kemandirian. Nyuci baju sendiri, nyetrika sendiri. dan dalam hal ini kemandirian sama kedisiplinan langsung gue lakuin barengan. Kalo siangnya kamar mandi penuh berarti gue harus nyetrika. Pokonya apapun kegiatan gue, pondok gamau tau waktunya sholat jama’ah mesti ke mesjid. Waktunya ngaji harus ngaji. Jadi gue harus bener-bener atur itu.

Gue juga dapet ilmu tentang kebersamaan dan solidaritas. Kadang kita patungan buat beli makan dan dimakan bareng-bareng. Yang ga ikut patungan gara-gara lagi bokek-pun tetep nimbrung buat makan.
Kalo ilmu agama insya Allah gue dapet juga. Meskipun ga banyak. Soalnya gue mondok ga lama cuma setaun.

Jujur yah kalo ada lagi kesempetan buat mondok, gue pengen deh mondok lagi. Selain rindu dengan semua aktifitas di pondok. Gue juga ngerasa masih belum paham betul tentang agama. Masih banyak hal yang harus gue pelajari.

Gue sama si Aziz sama, ga langsung betah pertama jalani kehidupan di pondok. Apalagi si Aziz, dia bukan keinginan sendiri buat mondok tapi keinginan orang tuanya. si Aziz awalnya malah sering nangis apalagi kalo udah dijenguk sama emak sama babehnya. Pengen pulang terus bawaannya. Jangankan ketemu orang tua, liat jalan aja pengen pulang katanya. Gue ketawa denger ini. :D

Tapi segala sesuatu juga ternyata butuh proses. Termasuk hidup di lingkungan pondok. Tapi sekarang si Aziz-pun betah dan setelah lulus akan rasain hal yang sama kaya gue, pondok jadi sesuatu yang amat dirindukan deh pokonya.

Udah mulai siang ni gan. Gue masih harus ngedesain buat projekan taun depan. Bagi-bagi waktu. Managemen waktu.

Yukk mondok.

Gue sangat berharap, kita, adik-adik kita, keluarga kita, keturunan kita bisa rasain suasana pondok. Insya Allah banyak manfaatnya.

Okelah, gue sampai disini kayanya.
Oke. Bye.

Thnx.. :)