Jumat, 01 Juli 2016

Hati-hati dengan Sugesti

contoh pengertian sugesti adalah


Malem guys…

Masih bareng admin tamvan dari pinggiran cibadak.. :D

Kesempatan kali ini ga bisa banyak karna gue nulis di tempat kerja…

Masih gregetan sebenernya masih banyak materi berfikir positif yang ada di kepala gue. Tapi udahlah  kali ini gue bahas yang ga jauh-jauh dari itu. Ini tentang sugesti. Kalian tau pengertian sugesti? Seperti orang kehipnotis itu mereka menggunakan sugesti lho hehe Eit, tapi kali ini gue gak bakal ngebahas soal hipnotis atau arti hipnotis, atau imitasi segala macam, dan dsb yah ;)

Sekarang kita fokus ke pembahasan "Sugesti" saja yaa. Naah ini kendala bagi kebanyakan orang, termasuk gue. Gue  pribadi juga masih sering kesugesti buruk tentang suatu hal. Padahal kita tau sugesti yang buruk terhadap diri sendiri yang ngebuat gagal.

Imam Munadi pernah nulis di salah satu bukunya yang berjudul “Super Muslim” tentang sugesti. Beliau mencontohkan 3 orang yang terkena sakit yang sama. Misalkan saja si A, B dan C sakit kepala. Si A dikasih obat sakit kepala dan dikasih tau kalo itu memang obat sakit kepala. Si B dikasih obat sakit kepala tapi dikasih  taunya kalo itu obat sakit gigi dan si C dikasih obat sakit gigi tapi dikasih taunya kalo itu obat sakit kepala. Menurut kalian siapa yang bakal sembuh??

Yap, betul.. si A dan si C yang bakal sembuh. Si A udah jelas bakal sembuh, soalnya  memang yang dikasih itu obat sakit kepala. si B dia lebih dulu tersugesti, bahkan menganggap si pemberi obat itu orang gila, masa sakit kepala dikasih obat sakit gigi. Begitupun si C dia juga tersugesti dengan obat yang bukan peruntukannya. Tapi karena dikasih taunya kalo itu obat sakit kepala, dia akan sembuh dengan sugestinya.

Dan parahnya lagi orang Indonesia itu masih percaya hal-hal semacam mitos. Mitos yang berkembang di masyakarat macem-macem dari jangan minum abis keluar kamar mandi yang katanya takut mati dimana-mana. Jangan duduk di atas meja nanti banyak utang, jangan makan nasi bareng lauk yang terbuat dari singkong nanti tuanya belangsak, sampe jangan diem di lubang pintu, nanti sulit jodoh.

Gue jadi curiga, jangan-jangan orang miskin di masa tuanya dari seluruh dunia akibat makan nasi bareng lauk dari singkong… haha… apa sekejam itu gusti Allah guys??

Kita pasti tau Ibnu Sina, salah satu tokoh dalam islam. Bahkan disebut bapa dalam dunia kedoteran. Beliau menjadi dokter karena banyaknya mitos yang berkembang di masyarakat. Menurutnya mitos  itu hal yang ga bisa dibuktikan dengan sains. Dan jauh dari logika.

Ada yang tau sangkut pautnya minum abis dari kamar mandi dan mati dimana-mana?? Menurut gue enggak. Jujur, gue bisa dibilang kecewa ke orang tua jaman dulu yang nerapin sugesti-sugesti buruk ke anak-anaknya cuma supaya nurut aja sama yang mereka bilang. Dan anak-anaknya itu jadi orang tua kita dan masih diterapin ke kita. Bahkan yang gue takut, saat orang tua kita meyakini dan mengucapkan si mitos tadi ke kita “jangan anu nanti anu”, malah bisa jadi itu malah jadi do’a buat kita.

Jangan diem di lubang pintu itu dengan ditakutin nanti susah jodoh, supaya kita ga diem disitu dan  ga ngehalangin orang yang lewat aja. Jangan duduk di atas meja, nanti banyak hutang. itu sungguh ga ada sangkut pautnya. Yang ada itu hanya sikap kurang baik dan ga bijak soalnya duduk bukan di tempatnya, yaitu mestinya duduk di kursi.

Alhamdulillah yang gue syukuri paling besar selama ini adalah nikmat iman dan islam. Karena jujur gue meyakini kebenaran islam karena hal-hal yang masuk logika dan sains. Insya Allah kapan-kapan cerita tentang ini yah guys.. hehe…

Yukk… berfikir positif, tanamin sugesti yang baik. Buang jauh-jauh hal-hal yang bisa ngesugesti kita ke hal yang buruk.

Saat kita berfikir positif, hasilnya positif. Gue jamin. Kalo hasilnya ga poistif  iris kuping lo. Eiiits.. yaaahh kuping lo. Jangan kuping gue. Haha..

Dari tadi gue nulis sambil liatin pintu. Ngeri atasan gue dateng.. haha.. bisa-bisa gue kena omel. Ini bukan mitos guys, tapi fakta dan masuk logika. :D

Wokeeee…

Udah dulu kali yaah…

Thnx.. :)